Friday, 18 March 2016

contoh soal soal dan jawaban UTS ottomotif semester 2

asalamualaikum kali ini admn akan berbagi soal soal essay  UTS kejuruan otomotif ...
silahkan bagi yang membutuhkan boleh di copy paste sebagai latihan latihan untuk meningkatkan pengetahuan
 soal


11.      Sebutkan komonen koponen sistem pneumatik ?
22.    Apa fungsi cairan hidrolik dalam system hidrolik? Jelaskan!
33.   Sebutkan beberapa keuntungan Dan kelemahan pada penggunaan sistem hidrolik!
44.   Sebutkan 4 (empat) komponen utama dalam sistem hidrolis! Jelaskan masing-masing fungsi dari komponen  tersebut!
55.   Sebutkan dan jelaskan beberapa jenis pompa yang sering digunakan dalam sistem hidrolikBeberapa jenis pompa yang sering digunakan dalam sistem hidrolis!
66.    Ada berapa posisi dalam katub pengatur? Sebutkan dan jelaskan masing-masing posisi tersebut!
77.  Ada berapa jenis kompresor udara dilihat dari dari sistem kerjanya? Jelaskan!
88.     Jelaskan prinsip kerja sistem pendingin!
99.     Komponen apa saja yang harus ada dalam sistem pendingin, agar sistem pendingin bisa bekerja? Jelaskan!
110.   Apa yang dimaksud dengan sistem pendingin kompresi? Apa pula yang dimaksud dengan sistem pendingin absorbsi? Jelaskan!
111.   Sebutkan dan jelaskan proses-proses yang tejadi pada siklus sistem pendingin kompresi!
112.   Apa yang dimaksdu dengan bearing? Jelaskan pengertian !
113.   Sebutkan dan jelaskan macam-. macam pelumasan yang digunakan untuk melumasi bearing
114.   Apa fungsi gasket? Apa pula bahan dasar pembuat gasket? Jelaskan jawaban anda!
115.   Apa fungsi dari seal? Jelaskan
116.   Sebutkan dan jelaskan beberapa metode pemasangan bearing!
117.   Pada pemasangan seal, sering diberikan grease pada bibir (lip). Mengapa hal ini dilakukan?Jelaskan!
118.   Mengapa kita tidak boleh mengelap bearing yang baru dibuka dari bungkusnya? Jelaskan!
119.   Penambahan grease yang berlebihan pada bearing baru juga tidak direkomendasikan. Mengapa demikian? Jelaskan
220.   Apa yang dimaksud dengan jacking? Jelaskan !
221.   Sebutkan jenis-jenis dongkrak yang biasa digunakan di bengkel? Berikan masing-masing penjelasan
222.   Apa yang dimaksud dengan blocking?Berikan penjelasan!
223.   Apa yang dimaksud dengan pesawat angkut dan angkat? Jelaskan!
224.   Sebutkan tiga jenis pesawat pengangkut! Berikan penjelasan pada masing-masing!
225.   Sebutkan beberapa persyaratan pada saat merencanaka konstruksi sebuah sangkar untuk pengangkutan beban!
226.   Apa yang anda ketahui tentang overhead crane? Berikan penjelasan pada jawaban anda!
227.   Jelaskan standar operasional prosedur yang harus dilakukan pada saat proses mengganjal sebuah kendaraan!
228.   Jelaskan standar operasional prosedur jacking yang aman!

jawaban
 

2. Cairan hidrolisdalam sistem hidrolikberfungsi sebagai penerus tenaga (transmitting power), melipatgandakan tenaga (multiplying force) juga bisa berfungsi untuk merubah arah gerakan (modifying motion).

3. Beberapa keuntungan menggunakan tenaga hidrolik adalah:  
a.mampu memindahkan tenaga yang besar dengan menggunakan komponen yang relatif kecil,
b.pengontrolan dan pengaturan lebih mudah, melumasi dan merawat sendiri (self lubricating),
c.rancangan sistem yang sederhana,
d.fleksibilitas bagus,
e.kehalusan kerja,
f.sedikit gaya yang hilang akibat perpindahan tenaga,
g.aman terhadap beban lebih.
Beberapa kelemahan yang ada pada sistem hidrolik, adalah:
a.rawan terhadap kecelakaan akibat tekanan tinggi dari fluida (high pressure liquid),
b.memerlukan bagian dengan tingkat presisi tinggi,
c.membutuhkan perawatan yang intensif
j
4. Komponen-komponen utama dalam sistem hidrolis adalah:
a.Pembangkit tekanan hidrolis (pompa tekanan): untuk mengubah energi mekanis menjadi tekanan.
b.Penyalur tekanan hidrolis: utntuk menyalurkan cairan hidrolis ke bagian yang membutuhkan, biasanya menggunakan pipa elastis
c.Katub pengatur: untuk mengatur arah aliran cairan hidrolis sesuai kebutuhan
d.Pengubah tekanan hidrolis menjadi energi mekanis: komponen ini bisa disebut juga dengan aktuator. Bentuk aktuator bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan. Bentuknya bisa berupa torque konverter atau silinder

5. Hand Operated Hydraulics Pump
Power Driven Hydraulics Pump
Constant Delivery Pump
Stationary Cam Pump
Variable Delivery Piston Pump

6.  Ada 4 (empat) posisi katub pengarah akan mengatur arah aliran tekanan hidrolis didalam sistem. Posisi-posisi katub pengarah antara lain:
- Posisi Netral
-Posisi Penggerakan
 -Posisi Menahan
-Posisi Release

7. Ada 2 (dua) jenis kompresor dilihat dari sistem kerjanya, yaitu:
a.kompresor kerja tunggal
b.kompresor kerja ganda

8. Prinsip kerja dari mesin pendingin adalah dengan cara menghisap panas dari udara sekitar mesin pendingin dan memindahkannya ke ruangan yang lain.

9. - Motor pengerak
-Kompresor
-Saringan
-Pipa kapiler/katup ekspansi
-Pipa penguapan (evaporator).
-Refrigerant

10.  Sistem pendinginan kompresi adalah sistem pendinginan yang menggunakan kompresor untuk mensirkulasikan zat pendinginnya.
Sedangkan sistem pendinginan absorbsi adalah sistem pendinginan yang mensirkulasikan zat pendinginnya dengan menggunakan absorber dan generator.

11.  a. Proses kompresi
        b.Proses pengembunan
        c.Proses ekspansi
        d. Proses penguapan

12. Bearing merupakan komponen dari benda berputar yang berfungsi untuk memperkecil bidang gesek antara 2 benda, misalkan antara poros dengan dudukannya. Penggunaan dan pemilihan bearing berbeda-beda sesuai dengan besarnya beban dan arah gaya

13. -Pelumasan gemuk.
-Pelumasan tangan
-Pelumasan tetes
-Pelumasan sumbu
-Pelumasan percik
-Pelumasan pompa
-Pelumasan celup

14. Gasket dapat didefinisikan sebagai bahan atau material yang dipasang diantara dua permukaan benda, di mana di dalamnya terdapat fluida bertekanan, untuk mencegah terjadinya kebocoran.Secara umum, bahan dasar gasket ada tiga jenis, yaitu metal, non-metal dan setengah metal.

15. Fungsi dari seal yaitu:
-Menjaga kebocoran pelumas (lubrikasi).
-Menjaga kotoran dan material lain masuk ke sistem.
-Memberikan batasan cairan supaya tidak tercampur.
-Melapisi permukaan yang tidak rata.
-Menjaga agar komponen tidak cepat rusak.

16. Metode pemasangan bearing tersebut yang sering digunakan adalah metode paksa dan metode pemanasan.
-Untuk metode paksa, disini menggunakan Special Service Tool (SST) Bearing. SST ini digunakan untuk menekan agar bearing tepat berada pada dudukan poros. Setelah sesuai bearing dengan dipukul menggunakan palu plastic atau dengan menggunakan alat press.
-Pada metode pemanasan, bearing dipanaskan terlebih dahulu pada temperature yang telah disesuaikan.

17. Pemberian grease secukupnya pada seal daerah lip setelah pemasangan, atau sebelum dipasang shaftnya untuk mencegah gesekan kering saat shaft mulai berputar.
18. Mengelap bearing yang baru dibuka dari bungkusnya, akan menyebabkan kandungan lapisan anti karatmalah berkurang/hilang. Sehinggabearing akan cepat berkarat.

19. Menambahkan gemuk atau grease ketika memasang bearing baru secara berlebihan akan membuat pelumas yang kita tambahkan tersebut mengalir kemana-mana, karena kelebihan volume. Grease yang tercecer akan membuat debu ataupun gram (serbuk logam hasil gesekan) melekat di grease tersebut

20. Jacking diartikan sebagai tindakan untuk mengangkat/menaikkan kendaraan lebih tinggi dari posisi lantai. Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan mendongkrak.

21. Dongkrak yang digunakan di bengkel adalah dongkrak mekanis dan dongkrakhidrolis:
- Dongkrak mekanis menggunakan sejumlah roda gigi (gear) untuk menambah gaya yang digunakan operator dalam mengangkat beban berat.
- Dongkrak hidrolik menggunakan pompa oli untuk menekan oli di dalam dongkrak. Gaya yang diberikan oleh operator akan meningkat dari ram ke ram.

22. Blocking diartikan sebagai tindakan untuk menahan suatu benda tetap pada posisinya. Dalam bahasa umum lebih dikenal dengan mengganjal/menyangga

23. Pesawat angkut dan angkat adalah pesawat atau alat yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan sebuah barang dengan jarak, besar dan berat tertentu yang sulit untuk dilakukan ataupun tidak mungkin dilakukan dengan tenaga manusia.

24. Hydraulic Handling Device: cara pengangkutan dengan menggunakan media berupa cairan atau liquid sebagai media pengangkutan.
- Pneumatic Handling Device : cara pengangkutan dengan menggunakan media berupa udara, gas sebagai sarana pengangkutannya
- Mechanical Conveyor : pesawat angkat dan angkut memiliki banyak jenis sesuai dengan keadaan dan kegunaannya

25. - Beban angkat yang dibutuhkan pada perencanaan
 - Dimensi maksimum orang yang akan memenuhi perencanaan sangkar.
- Tinggi bangunan yang direncanakan.
- Bahan dan kerangka sangkar.

26. Overhead travelling crane merupakan salah satu jenis kran,yang berupa jembatan melintang diatas kepala yang umumnya terbuat konstruksi rangka batang yang ditutup atau dilapis plat baja.

27. Motor pengerak: motor ini berfungsi untuk menggerakkan pompa. Motor penggerak ini bisa berupa motor listrik, maupun engine (mesin) penghasil tenaga yang menggunakan bahan bakar tersendiri.
-Kompresor: kompresor ini bekerja dengan cara menghisap sekaligus menekan freon (refrigerant) untuk bersirkulasi didalam system.
-Saringan: berfungsi untuk menghisap uap air dan kotoran dari
sistem.
-Pipa kapiler/katup ekspansi: adalah saluran kecil didalam sistem
pendingin yang befungsi untuk menurunkan tekanan didalam
sistem. Juga merubah wujud freon dari cair menjadi gas.
-Pipa penguapan (evaporator). Evaporator adalah pipa yang
berfungsi sebagai tempat penguapan zat pendingin
-Refrigerant. Rerigerant ini merupakan zat yang berfungsi sebagai
media untuk menyerap dan membuang panas.


2 comments: