asalamualaikum kali ini admn akan berbagi soal soal essay UTS kejuruan otomotif ...
silahkan bagi yang membutuhkan boleh di copy paste sebagai latihan latihan untuk meningkatkan pengetahuan
soal
silahkan bagi yang membutuhkan boleh di copy paste sebagai latihan latihan untuk meningkatkan pengetahuan
soal
11.
Sebutkan komonen koponen sistem pneumatik ?
22.
Apa fungsi cairan hidrolik dalam system hidrolik? Jelaskan!
33.
Sebutkan beberapa keuntungan Dan kelemahan pada penggunaan sistem hidrolik!
44.
Sebutkan 4 (empat) komponen utama dalam sistem hidrolis! Jelaskan
masing-masing fungsi dari komponen tersebut!
55.
Sebutkan dan jelaskan beberapa jenis pompa yang sering digunakan dalam
sistem hidrolikBeberapa jenis pompa yang sering digunakan dalam sistem hidrolis!
66.
Ada berapa posisi dalam katub pengatur? Sebutkan dan jelaskan masing-masing
posisi tersebut!
77.
Ada berapa jenis kompresor udara dilihat dari dari sistem kerjanya?
Jelaskan!
88.
Jelaskan prinsip kerja sistem pendingin!
99.
Komponen apa saja yang harus ada dalam sistem pendingin, agar sistem
pendingin bisa bekerja? Jelaskan!
110.
Apa yang dimaksud dengan sistem pendingin kompresi? Apa pula yang dimaksud
dengan sistem pendingin absorbsi? Jelaskan!
111.
Sebutkan dan jelaskan proses-proses yang tejadi pada siklus sistem
pendingin kompresi!
112.
Apa yang dimaksdu dengan bearing? Jelaskan pengertian !
113.
Sebutkan dan jelaskan macam-. macam pelumasan yang digunakan untuk melumasi
bearing
114.
Apa fungsi gasket? Apa pula bahan dasar pembuat gasket? Jelaskan jawaban
anda!
115.
Apa fungsi dari seal? Jelaskan
116.
Sebutkan dan jelaskan beberapa metode pemasangan bearing!
117.
Pada pemasangan seal, sering diberikan grease pada bibir (lip). Mengapa hal
ini dilakukan?Jelaskan!
118.
Mengapa kita tidak boleh mengelap bearing yang baru dibuka dari bungkusnya?
Jelaskan!
119.
Penambahan grease yang berlebihan pada bearing baru juga tidak
direkomendasikan. Mengapa demikian? Jelaskan
220.
Apa yang dimaksud dengan jacking? Jelaskan !
221.
Sebutkan jenis-jenis dongkrak yang biasa digunakan di bengkel? Berikan
masing-masing penjelasan
222.
Apa yang dimaksud dengan blocking?Berikan penjelasan!
223.
Apa yang dimaksud dengan pesawat angkut dan angkat? Jelaskan!
224.
Sebutkan tiga jenis pesawat pengangkut! Berikan penjelasan pada
masing-masing!
225.
Sebutkan beberapa persyaratan pada saat merencanaka konstruksi sebuah
sangkar untuk pengangkutan beban!
226.
Apa yang anda ketahui tentang overhead crane? Berikan penjelasan pada
jawaban anda!
227.
Jelaskan standar operasional prosedur yang harus dilakukan pada saat proses
mengganjal sebuah kendaraan!
228.
Jelaskan standar operasional prosedur jacking yang aman!
jawaban
2. Cairan hidrolisdalam sistem hidrolikberfungsi sebagai
penerus tenaga (transmitting power), melipatgandakan tenaga (multiplying force)
juga bisa berfungsi untuk merubah arah gerakan (modifying motion).
3. Beberapa keuntungan menggunakan tenaga hidrolik
adalah:
a.mampu memindahkan tenaga yang besar dengan
menggunakan komponen yang relatif kecil,
b.pengontrolan dan pengaturan lebih mudah, melumasi
dan merawat sendiri (self lubricating),
c.rancangan sistem yang sederhana,
d.fleksibilitas bagus,
e.kehalusan kerja,
f.sedikit gaya yang hilang akibat perpindahan tenaga,
g.aman terhadap beban lebih.
Beberapa kelemahan yang ada pada sistem hidrolik,
adalah:
a.rawan terhadap kecelakaan akibat tekanan tinggi dari
fluida (high pressure liquid),
b.memerlukan bagian dengan tingkat presisi tinggi,
c.membutuhkan perawatan yang intensif
j
4. Komponen-komponen utama dalam sistem hidrolis
adalah:
a.Pembangkit tekanan hidrolis (pompa tekanan): untuk
mengubah energi mekanis menjadi tekanan.
b.Penyalur tekanan hidrolis: utntuk menyalurkan cairan
hidrolis ke bagian yang membutuhkan, biasanya menggunakan pipa elastis
c.Katub pengatur: untuk mengatur arah aliran cairan
hidrolis sesuai kebutuhan
d.Pengubah tekanan hidrolis menjadi energi mekanis:
komponen ini bisa disebut juga dengan aktuator. Bentuk aktuator bermacam-macam
disesuaikan dengan kebutuhan. Bentuknya bisa berupa torque konverter atau
silinder
5. Hand Operated Hydraulics Pump
Power Driven Hydraulics Pump
Constant Delivery Pump
Stationary Cam Pump
Variable Delivery Piston Pump
6. Ada 4
(empat) posisi katub pengarah akan mengatur arah aliran tekanan hidrolis
didalam sistem. Posisi-posisi katub pengarah antara lain:
- Posisi Netral
-Posisi Penggerakan
-Posisi Menahan
-Posisi Release
7. Ada 2 (dua) jenis kompresor dilihat dari sistem
kerjanya, yaitu:
a.kompresor kerja tunggal
b.kompresor kerja ganda
8. Prinsip kerja dari mesin pendingin adalah dengan
cara menghisap panas dari udara sekitar mesin pendingin dan memindahkannya ke
ruangan yang lain.
9. - Motor pengerak
-Kompresor
-Saringan
-Pipa kapiler/katup ekspansi
-Pipa penguapan (evaporator).
-Refrigerant
10. Sistem
pendinginan kompresi adalah sistem pendinginan yang menggunakan kompresor untuk
mensirkulasikan zat pendinginnya.
Sedangkan sistem pendinginan absorbsi adalah sistem
pendinginan yang mensirkulasikan zat pendinginnya dengan menggunakan absorber
dan generator.
11. a. Proses
kompresi
b.Proses
pengembunan
c.Proses
ekspansi
d. Proses
penguapan
12. Bearing merupakan komponen dari benda berputar
yang berfungsi untuk memperkecil bidang gesek antara 2 benda, misalkan antara
poros dengan dudukannya. Penggunaan dan pemilihan bearing berbeda-beda sesuai
dengan besarnya beban dan arah gaya
13. -Pelumasan gemuk.
-Pelumasan tangan
-Pelumasan tetes
-Pelumasan sumbu
-Pelumasan percik
-Pelumasan pompa
-Pelumasan celup
14. Gasket dapat didefinisikan sebagai bahan atau
material yang dipasang diantara dua permukaan benda, di mana di dalamnya
terdapat fluida bertekanan, untuk mencegah terjadinya kebocoran.Secara umum,
bahan dasar gasket ada tiga jenis, yaitu metal, non-metal dan setengah metal.
15. Fungsi dari seal yaitu:
-Menjaga kebocoran pelumas (lubrikasi).
-Menjaga kotoran dan material lain masuk ke sistem.
-Memberikan batasan cairan supaya tidak tercampur.
-Melapisi permukaan yang tidak rata.
-Menjaga agar komponen tidak cepat rusak.
16. Metode pemasangan bearing tersebut yang sering
digunakan adalah metode paksa dan metode pemanasan.
-Untuk metode paksa, disini menggunakan Special
Service Tool (SST) Bearing. SST ini digunakan untuk menekan agar bearing tepat
berada pada dudukan poros. Setelah sesuai bearing dengan dipukul menggunakan
palu plastic atau dengan menggunakan alat press.
-Pada metode pemanasan, bearing dipanaskan terlebih
dahulu pada temperature yang telah disesuaikan.
17. Pemberian grease secukupnya pada seal daerah lip
setelah pemasangan, atau sebelum dipasang shaftnya untuk mencegah gesekan
kering saat shaft mulai berputar.
18. Mengelap bearing yang baru dibuka dari bungkusnya,
akan menyebabkan kandungan lapisan anti karatmalah berkurang/hilang.
Sehinggabearing akan cepat berkarat.
19. Menambahkan gemuk atau grease ketika memasang
bearing baru secara berlebihan akan membuat pelumas yang kita tambahkan
tersebut mengalir kemana-mana, karena kelebihan volume. Grease yang tercecer
akan membuat debu ataupun gram (serbuk logam hasil gesekan) melekat di grease
tersebut
20. Jacking diartikan sebagai tindakan untuk
mengangkat/menaikkan kendaraan lebih tinggi dari posisi lantai. Dalam bahasa
Indonesia lebih dikenal dengan mendongkrak.
21. Dongkrak yang digunakan di bengkel adalah dongkrak
mekanis dan dongkrakhidrolis:
- Dongkrak mekanis menggunakan sejumlah roda gigi
(gear) untuk menambah gaya yang digunakan operator dalam mengangkat beban
berat.
- Dongkrak hidrolik menggunakan pompa oli untuk
menekan oli di dalam dongkrak. Gaya yang diberikan oleh operator akan meningkat
dari ram ke ram.
22. Blocking diartikan sebagai tindakan untuk menahan
suatu benda tetap pada posisinya. Dalam bahasa umum lebih dikenal dengan
mengganjal/menyangga
23. Pesawat angkut dan angkat adalah pesawat atau alat
yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan sebuah barang dengan jarak,
besar dan berat tertentu yang sulit untuk dilakukan ataupun tidak mungkin
dilakukan dengan tenaga manusia.
24. Hydraulic Handling Device: cara pengangkutan
dengan menggunakan media berupa cairan atau liquid sebagai media pengangkutan.
- Pneumatic Handling Device : cara pengangkutan dengan
menggunakan media berupa udara, gas sebagai sarana pengangkutannya
- Mechanical Conveyor : pesawat angkat dan angkut
memiliki banyak jenis sesuai dengan keadaan dan kegunaannya
25. - Beban angkat
yang dibutuhkan pada perencanaan
- Dimensi
maksimum orang yang akan memenuhi perencanaan sangkar.
- Tinggi bangunan yang direncanakan.
- Bahan dan kerangka sangkar.
26. Overhead travelling crane merupakan salah satu
jenis kran,yang berupa jembatan melintang diatas kepala yang umumnya terbuat
konstruksi rangka batang yang ditutup atau dilapis plat baja.
27. Motor
pengerak: motor ini berfungsi untuk menggerakkan pompa. Motor penggerak ini
bisa berupa motor listrik, maupun engine (mesin) penghasil tenaga yang menggunakan
bahan bakar tersendiri.
-Kompresor:
kompresor ini bekerja dengan cara menghisap sekaligus menekan freon
(refrigerant) untuk bersirkulasi didalam system.
-Saringan:
berfungsi untuk menghisap uap air dan kotoran dari
sistem.
-Pipa kapiler/katup ekspansi: adalah
saluran kecil didalam sistem
pendingin yang befungsi untuk
menurunkan tekanan didalam
sistem. Juga merubah wujud freon
dari cair menjadi gas.
-Pipa penguapan (evaporator).
Evaporator adalah pipa yang
berfungsi sebagai tempat penguapan
zat pendingin
-Refrigerant. Rerigerant ini
merupakan zat yang berfungsi sebagai
media untuk menyerap dan membuang
panas.
No 28 kok gak ada ya kak ?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete